Umat Paroki Katedral yang Saya Kasihi….

Selamat berjumpa kembali dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan senantiasa dalam lindunganNya. Seperti biasa di awal Surat Gembala ini, saya mengajak kita untuk tidak berhenti bersyukur kepada Tuhan atas segala penyelenggaraanNya bagi kehidupan kita. Syukur juga saya haturkan, karena oleh berkatNya, saya kembali menyapa umat melalui media komunikasi “Nuntia” ini.

Apresiasi yang tinggi kepada Redaksi Nuntia yang setia menghadirkan media pewartaan ini di hadapan kita secara rutin. Saya juga menyambut gembira dengan tema Nuntia Edisi ini, tentang “Kekayaan”.

Melalui tema ini kita diajak untuk menyadari sekaligus memahami bahwa kekayaan duniawi bukanlah segala-galanya sebagai ukuran kebahagiaan seseorang. Kekayaan itu juga tidak dilarang oleh Tuhan, tetapi Tuhan menghendaki supaya manusia hidup tidak hanya sibuk dan larut dalam mengejar kekayaan tetapi penting juga membangun relasi dengan Tuhan maupun sesama manusia. Tuhan mengehendaki manusia untuk berbuat baik dengan saling berbagi dengan sesama terutama yang membutuhkan terutama mereka berkekurangan.

Dengan berbagi dari apa yang kita miliki merupakan wujud dari rasa syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan yang telah memberikan berkat bagi kita. Perlu disadari bahwa apapun yang kita miliki di dunia ini termasuk kekayaan yang ada pada kita, bukan semata-mata atas usaha kita semata, tetapi sebagai orang beriman kita harus menyadari bahwa ada campur tangan Tuhan atas semua yang kita miliki. Maka, ucapan syukur itu sangatlah penting.

Dengan kita selalu bersyukur kepada Tuhan, entah diwujudkan dalam bentuk doa, berbagi kepada orang miskin, peduli terhadap kepentingan bersama, maka niscaya Tuhan pasti melipatkan berkat-Nya kepada kita.

Diharapkan juga selain bekerja keras demi kesejahteraan atau demi kelangsungan hidup, kita juga diajak agae seimbang dengan kehidupan social dan kehidupan iman. Itu artinya, kita pun harus memiliki waktu untuk Tuhan dan sesama, tidak hanya sibuk menumpuk kekayaan.

Doa dan Berkat

RD. Herman Yoseph Babey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *